Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa
Main Article Content
Kurikulum hadir sebagai pedoman yang digunakan oleh para pendidik dimana kurikulum mengalami beragam perubahan sebagai wujud adaptasi dengan era yang dinamis. Salah satunya dengan menerpakan kurikulum merdeka belajar dimana kurikulum ini cenderung dianggap baru dan masih dalam proses pengimplementaisan secara bertahap. Kendati demikian, tidak sedikit sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka belajar yang lebih menekankan pada pembelajaran yang merdeka sesuai dengan kebutuhan dan karateristik peserta didik. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui mengenai implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan pemahaman siswa, dimana penelitian ini dilakukan di SD Y Kabupaten Magelang. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dampak diterapkannya kurikulum merdeka belajar pada prestasi siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan mengkaji pada hasil belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan jumlah 40 responden yang dipilih sevara purposive sampling. Selain itu, metode pengumpulan data juga dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara mendalam sehingga diketahui hasil penelitian bahwa penerapan kurikum merdeka belajar pada pembelajaran PAI di kelas 4 SD Y Kabupaten Magelang diketahui mengalami peningkatan senilai 10 yang dapat dilihat dari kenaikan rata rata hasil belajar.